Pengertian Pendidikan Sekolah Dasar SD/MI

Mygodisone.com.Semua orang tua pasti mengenal tentang perlunya pendidikan dan program wajib belajar sembilan tahun bagi anak usia sekolah di Indonesia. Setelah bersekolah di TK atau Taman kanak-kanak, anak usia 7 tahun sudah harus masuk dan menempuh pendidikan wajib di Sekolah Dasar. Wajib belajar Sekolah Dasar atau disingkat SD adalah tingkat yang paling dasar dari pendidikan formal yang berlaku di Indonesia. Waktu yang ditempuh untuk kelulusan sekolah dasar ini adalah selama 6 tahun, terdiri dari kelas 1 sampai kelas 6.
murid sekolah dasar

Rata-rata usia para siswa atau pelajar SD ini umumnya berusia antara 7-12 tahun, namun ada yang masih berusia 6 tahun sudah mulai bersekolah, hal ini berdasarkan atas rekomendasi dari guru/pengajar yang berasal dari jenjang pendidikan dibawahnya yaitu Taman Kanak-Kanak (TK) dan PAUD (Pendidikan Usia Dini) atau sederajat.
 Menurut kemendikbud, Materi yang diajarkan di sekolah dasar (SD/MI) kurikulum 2013 adalah sebagai berikut:
  1. Pendidikan Agama
  2. Bahasa Indonesia
  3. PPKn
  4. Matematika
  5. Kesenian
  6. Pendidikan Jasmani dan Olahraga Kesehatan
  7. Pengetahuan Umum
Dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU No. 20 Tahun 2001), Pasal 17 mendefinisikan Pengertian Pendidikan Dasar SD sebagai berikut:
(1) Pendidikan dasar adalah pendidikan yang mendasari pendidikan menengah.
(2) Pendidikan dasar dalam bentuk sekolah dasar (SD) dan madrasah (MI) atau bentuk lain yang setara dan sekolah menengah pertama (SMP) dan madrasah tsanawiyah (MTs), atau bentuk lainnya yang dipersamakan.
Pendidikan dan menuntut ilmu adalah wajib bagi segenap muslim. Pendidikan Tingkat Dasar atau SD adalah hal yang sangat vital dalam mengembangkan pengetahuan di masa kanak-kanak. Semoga tulisan ini bermanfaat dan penduduk Indonesia segera terbebas dari buta huruf.  Kita berharap kualitas Sumber Daya manusia Indonesia menjadi lebih baik. Mari kita sukseskan program wajib belajar 9 tahun. Demikianlah pengertian pendidikan Sekolah Dasar (SD/MI). bagi yang ingin mendapat informasi tentang Pendidikan Sekolah Pertama bisa membaca artikel sebelumnya:

Pengertian Pendidikan Sekolah Menengah Pertama-SMP/Mts


Related Posts:

0 Response to "Pengertian Pendidikan Sekolah Dasar SD/MI"

Posting Komentar

Semoga artikel ini bermanfaat.
Terima kasih atas kunjungannya. silakan berkomentar.
semua komentar iklan n spam akan dihapus.