GEMAS-Gerakan Membersihkan Masjid oleh Para Aktivis Muslim


Apa itu GEMAS? GEMAS adalah GERAKAN MEMBERSIHKAN MASJID. Seringkali kita menjumpai masjid dan musholla di indonesia yang kurang terawat dan tidak terjaga kebersihannya. Terutama masjid dan musholla yang pengurusnya kurang aktif dan jemaahnya sepi. karpet musholla yang berdebu, kamar mandi yang kotor, tempat wudhu yang berlumut dan halaman yang tidak terawat. Hal ini tentu saja membuat suasana masjid dan mushola menjadi kurang nyaman bagi para jemaah untuk beribadah. Selama ini kegiatan membersihkan masjid dan musholla hanya dilakukan oleh takmir/pengurus masjid dengan tenaga marbot atau sukarelawan. Ada juga beberapa volunteer yang gemar berkeliling ke masjid dan musholla untuk membersihkan karpet masjid secara gratis, namun belum terorganisir dalam bentuk lembaga. Hal ini mendorong beberapa aktifis dakwah muslim di Jakarta mempelopori sebuah lembaga kegiatan sosial bernama GEMAS, yaitu GERAKAN MEMBERSIHKAN MASJID.  
Yaa... ini adalah kegiatan membersihkan masjid sukarela tanpa dikenakan biaya.

Salah satu aktifis dakwah yang menjadi pelopor GEMAS adalah sahabatku yang juga aktif sebagai Badan Pengawas di Yayasan Mualaf Center Indonesia, yaitu mas Romadi. Para aktifis GEMAS melihat ada beberapa persoalan riil tentang masih banyaknya masjid/musholla yang kondisinya di bawah standar kebersihan,
Menurut penjelasan yang saya kutip dari website resminya, http://www.gemamasjid.com, Ada beberapa penyebab masjid masih dibawah standar kebersihan, yaitu:

  •     Kurangnya kepedulian untuk merawat masjid
  •     Belum ada anggaran khusus untuk memelihara kebersihan masjid
  •     Rendahnya standar kebersihan yang ditetapkan
  •     Pengurus dan marbot belum mempunyai pengetahuan mengenai cara tepat membersihkan masjid.  
 Begitu besar kepedulian dan begitu cintanya para aktifis muslim ini berdakwah untuk memakmurkan masjid, maka atas dasar itulah para aktifis muslim di Jakarta memulai  program GEMAS (Gerakan Membersihkan Masjid) yang dilauching pada tahun 2015.

TUJUAN KEGIATAN GEMAS
  •     Langkah awal gerakan memakmurkan Masjid
  •     Media belajar mentautkan hati kepada Masjid
  •     Sarana silahturahim dan kebersamaan antar elemen umat Islam
  •     Membangun semangat kepedulian dan semangat berbagi 
Menjaga kebersihan masjid dan  musholla adalah kewajiban semua muslim.   
Berdasarkan hadits 

Diriwayatkan dari Sa’ad bin Abi Waqas dari bapaknya, dari Rasulullah saw. : Sesungguhnya Allah SWT itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan, Dia Mahamulia yang menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu” (HR. Tirmizi)”
 Bentuk kegiatan pemuda GEMAS selama ini adalah :

  •     Rekrutmen relawan
  •     Survey Masjid / Musholla
  •     Silahturahim ke pengurus Masjid/Musholla
  •      Membersihkan lingkungan dan sarana Masjid/Musholla Pelatihan Marbot Masjid/Musholla
  •      Santunan untuk Marbot
  •      Berbagi sarana pendukung Masjid/Musholla


Untuk penentuan lokasi (Masjid/Mushalla) yang akan di-Gemas-in, pertama relawan mengajukan Masjid/Mushalla, kemudian diskusi pengusur tentukan sekala prioritas dan atau tim survey turun langsung dan berdiskusi sekaligus silaturrahim dengan DKM, kemudian tim menentukan tanggal pelaksanaan dan disosialisasikan kepada relawan agar bisa hadir.

Berikut ini beberapa foto kegiatan para volunteer pemuda pencinta masjid yang tergabung dalam GEMAS. Saat ini GEMAS masih ada di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Semoga GEMAS dapat mengembangkan sayapnya ke berbagai kota di Indonesia.


survey lokasi

koordinasi dengan takmir

membersihkan tempat wudhu

membersihkan karpet

membersihkan kipas angin

menghisap debu permadani

membersihkan karpet

salah satu keluarga relawan gemas ikut memberihkan musholla

mencuci karpet

hasil nyata aksi gemas
kotoran berupa debu karpet yang penuh kuman dan bakteri

sentuhan akhir masjid yang sudah ditangani. 

 Siapa saja yang punya waktu luang, dapat ikut berjuang di jalan Allah  dan terlibat sebagai volunteer atau sukarelawan GEMAS. anda bemaksud membantu program GEMAS ?
Caranya mudah :

1. Datangi masjid/musholla terdekat dengan tempat tinggal.
2. awali dengan masjid/musholla yang masih dalam satu RT/RW, lanjut ke musholla yang masih satu kelurahan.
3. Perhatikan dan foto kondisi masjid/musholla.
4. Kirimkan foto dan alamat lengkap musholla atau masjid ke WhatsApp (WA) 0838 7023 4305 atau kirim data via email: gemasjid@gmail.com

Selanjutnya Tim GEMAS akan beraksi dengan:
1. Menyeleksi data yang masuk untuk menyusun agenda tentang masjid dan musholla yang perlu mendapat prioritas karena kondisinya memprihatinkan dan membutuhkan aksi segera.
2. Koordinator lapangan tim GEMAS akan mengajuan surat permohonan ijin kegiatan  membersihkan masjid kepada takmir/pengurus musholla/masjid.
3. Pelaksanaan  kegiatan
4. Evaluasi.

Masjid dan musholla yang  bersih dan terjaga kesuciannya adalah harapan semua muslim. Mari kita dukung kegiatan saudara-saudara kita dari GEMAS, Gerakan Membersihkan masjid. semoga Allah membalas semua amal ibadah para aktifis GEMAS.
Alamat SEKRETARIAT GEMAS
Masjid Waqof Qomaruddin
Kav Polri Blok E IV no 1341
Jelambar - Grogol Petamburan
Jakarta Barat  11460
Telp ; 081 3333 11 202
Email ; gemasjid@gmail.com

Mari kita sebarkan informasi aktifitas GEMAS, agar semakin banyak musholla dan masjid yang terjaga kebersihan dan kesuciannya.

Related Posts:

0 Response to "GEMAS-Gerakan Membersihkan Masjid oleh Para Aktivis Muslim"

Posting Komentar

Semoga artikel ini bermanfaat.
Terima kasih atas kunjungannya. silakan berkomentar.
semua komentar iklan n spam akan dihapus.