Arti dan Pengaruh Psikologi Warna Terhadap Desain dan Kesehatan Manusia

mygodisone.com.
Sudah lama banget ga posting. blognya lupa diurus. hehehe.. :D btw. kali ini saya mau menulis artikel tentang warna. Apa sih makna dan pengaruh psikologi warna buat kesehatan manusia? Warna bisa memberikan pengaruh terhadap psikologi, emosi serta cara bertindak manusia. Warna juga menjadi bentuk komunikasi non verbal yang bisa mengungkapkan pesan tentang apa yang kita rasakan atau kita inginkan. Secara sadar atau tidak kita dipengaruhi oleh warna yang kita gunakan atau ada di lingkungan sekitar kita. Ilmu komunikasi visual modern saat ini  menggunakan warna untuk terapi warna atau yang disebut colourology (menggunakan warna untuk meyembuhkan). Metode ini sudah dipraktekkan oleh banyak kebudayaan kuno seperti Mesir dan Cina. 
 
Perlu diketahui, setiap warna memancarkan panjang gelombang energi yang berbeda dan memiliki efek yang berbeda pula. Sebenarnya, mata kita bisa menangkap tujuh juta warna yang berbeda. Ada beberapa warna utama yang bisa memiliki dampak pada kesehatan dan mood yang pada akhirnya akan mendorong seseorang dalam melakukan aktifitasnya, apakah akan membuat anda menjadi bersemangat atau malah jadi BT. Karena itu anda harus tahu Arti dan pengaruh psikologi warna terhadap desain dan kesehatan manusia. Dengan menggunakan berbagai nuansa warna yang tepat pada disain, anda dapat membawa semangat, harmoni, stabilitas, keseimbangan dan peningkatan kualitas hidup yang mengagumkan.
 Langsung aja yuk, saya akan membahas tentang psikologi warna.

makna dan Pengaruh Psikologi Warna Terhadap Desain dan Kesehatan Manusia

Arti dan pengaruh psikologi warna terhadap desain dan kesehatan manusia

 
1.ARTI WARNA MERAH
Merah adalah warna yang paling sering menarik perhatian. Merah melambangkan kesan energi, kekuatan, hasrat, erotisme, keberanian, simbol dari api, pencapaian tujuan, darah, resiko, ketenaran, cinta, perjuangan, perhatian, perang, bahaya, kecepatan, panas, kekerasan. Warna ini dapat menyampaikan kecenderungan untuk menampilkan gambar dan teks secara lebih besar dan dekat. warna merah dapat mengganggu apabila digunakan pada ukuran yang besar. Merah cocok untuk tema yang menunjukkan keberanian seseorang dan kekuatan energi misal pada warna  kendaraan bermotor, perlengkapan olahraga dan permainan.
Warna merah memilki karateristik merangsang saraf, kelenjar adrenal (endokrin) dan saraf sensorik. Merah juga meningkatkan sirkulasi darah dan kereaktivan darah itu sendiri. Warna merah juga paling ampuh untuk merangsang dan meningkatkan energi fisik, memperkuat motivasi, meningkatkan sirkulasi, dan berkaitan dengan seksualitas. Merah juga membangkitkan emosi dan menciptakan perasaan kegembiraan atau intensitas. Tetapi pada saat yang sama, warna ini dapat dianggap sebagai tuntutan dan sikap agresif. Merah adalah warna yang kuat sekaligus hangat. Biasanya di gunakan untuk memberikan efek psikologi panas, berani, marah dan berteriak. Beberapa studi juga mengindentifikasi merah sebagai warna yang sexy. Didalam desain, kita bisa menggunakan warna merah sebagai aksen karena sifatnya yang kuat. Misalnya, pada mayoritas latar berwarna hitam putih di berikan aksen warna merah sedikit saja akan menjadi vocal point.

2. ARTI WARNA PUTIH
Menunjukkan kedamaian,  pencapaian diri, spiritualitas, kedewaan, kesucian, kesederhanaan, kesempurnaan, kebersihan, cahaya, takbersalah, keamanan, persatuan. Warna putih sangat bagus untuk menampilkan atau menekankan warna lain serta memberi kesan kesederhanaan dan kebersihan.
Dalam dunia kesehatan, psikologi warna putih untuk digunakan untuk meredakan rasa nyeri. Putih juga mmeberikan aura kebebasan dan keterbukaan. Rumah sakit dan pekerja rumah sakit menggunakan warna putih untuk menciptakan kesan bersih, sehat, steril dan terbebas dari kuman dan bakteri. Namun, terlalu banyak banyak warna putih dapat memberikan rasa sakit kepala dan kelelahan mata karena cahaya yang dipantulkan. Putih adalah warna yang murni, tidak ada campuran apapun. Makanya sering di anggap sebagai warna yang menimbulkan efek suci dan bersih. Ketika kita ingin membuat desain yang simple dan minimalis, menggunakan warna putih dan lembut adalah langkah yang tepat untuk menyajikan dan membentuk ruang yang berkesan luas.

3. ARTI WARNA HITAM
Melambangkan perlindungan, pengusiran, sesuatu yang negatif, mengikat, kekuatan, formalitas, misteri, kekayaan, ketakutan, kejahatan, ketidak bahagiaan, perasaan yang dalam, kesedihan, kemarahan, sesuatu yang melanggar (underground), modern music, harga diri, anti kemapanan.
Sangat tepat untuk menambahkan kesan misteri. latar belakang warna hitam dapat menampilkan perspektif dan kedalaman. Sangat bagus untuk menampilkan karya seni atau fotografi karena membantu penekanan pada warna-warna lain. Hitam juga warna yang netral elegan yang dapat dikombinasikan dengan warna apapun untuk memperkuat maksud yang dituju. Hitam adalah warna yang gelap, suram, menakutkan tetapi elegan. Karena itu elemen apapun jika di taruh di atas background hitam akan terasa lebih bagus karena hitam akan menguatkan kontras yang ada. (misalnya, pada waktu menampilkan foto, portfolio atau produk). Bagi anda yang penggemar warna hitam, biasanya memiliki selera seni yang tinggi melebihi rata-rata.

4. ARTI WARNA BIRU
Memberikan kesan Komunikasi, Peruntungan yang baik, kebijakan, perlindungan, inspirasi spiritual, tenang, kelembutan, dinamis, air, laut, kreativitas, cinta, kedamaian, kepercayaan, loyalitas, kepandaian, panutan, kekuatan dari adlam, kesedihan, kestabilan, kepercayaan diri, kesadaran, pesan, ide, berbagi, idealisme, persahabatan dan harmoni, kasih sayang.
Warna ini memberi kesan tenang dan menekankan keinginan. Biru memberi kesan yang nyaman bagi mata. Obyek dan gambar biru pada dasarnya dapat menciptakan perasaan yang dingin dan tenang. Warna Biru juga dapat menampilkan kekuatan teknologi, kebersihan, udara, air dan kedalaman laut. Selain itu, jika digabungkan dengan warna primer  merah dan kuning dapat memberikan kesan kepercayaan dan kesehatan.
Dari semua warna dalam spektrum, biru adalah warna yang bisa meningkatkan nafsu makan untuk itu disarankan menempatkan makanan di piring biru. Biru juga dapat memperlambat denyut nadi dan suhu tubuh lebih rendah. Ini adalah warna yang menenangkan dan diyakini mengatasi insomnia, kecemasan, masalah tenggorokan, tekanan darah tinggi, migrain dan iritasi kulit. Warna ini juga meningkatkan ekspresi verbal, komunikasi, ekspresi artistik dan kekuatan. Biru yang kuat (biru tua) akan merangsang pemikiran yang jernih dan biru muda akan menenangkan pikiran dan membantu konsentrasi. Biru adalah warna favorit para pria dan termasuk warna yang dingin. Kalau di dunia desain, biru sering di sebut warna corporate karena hampir semua perusahaan menggunakan warna biru sebagai warna utamanya. Tidak heran memang, karena biru merupakan warna yang termasuk tenang dan bersifat profesional. Efek lain warna biru adalah sering di anggap sebagai warna yang melambangkan kepercayaan dan trustfulness. Biru juga bisa di pakai untuk menurunkan nafsu makan atau meningkatkan gairah. Jadi gunakanlah warna biru untuk mendesain seuatu yang formal dan menunjukkan hidup yang penuh semangat.

5. ARTI WARNA HIJAU
Menunjukkan warna bumi, penyembuhan fisik, kelimpahan, keajaiban, tanaman dan pohon, kesuburan, pertumbuhan, muda, kesuksesan materi, pembaharuan, daya tahan, keseimbangan, ketergantungan dan persahabatan. Dapat digunakan untuk relaksasi, menetralisir mata, memenangkan pikiran, merangsang kreatifitas. warna ini adalah warna penuh semangat untuk beraktifitas. Warna alami dari tanaman hijau memberi pengaruh positif bagi manusia.
Dalam ajaran islam, warna hijau juga dikenal sebagai warna lambang dari surga. Allah swt menyebutkan dalam firmannya di Al Qur'an.
S U R A T   A L - K A H F I
18:31. Mereka itulah (orang-orang yang) bagi mereka surga Adn, mengalir sungai-sungai di bawahnya; dalam surga itu mereka dihiasi dengan gelang emas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah. Itulah pahala yang sebaik-baiknya, dan tempat-istirahat yang indah;

S U R A T   A R - R A H M A A N
55:64. kedua surga itu (kelihatan) hijau tua warnanya.
55:76. Mereka bertelekan pada bantal-bantal yang hijau dan permadani-permadani yang indah.

S U R A T   A L - I N S A A N
76:21. Mereka memakai pakaian sutera halus yang hijau dan sutera tebal dan dipakaikan kepada mereka gelang terbuat dari perak, dan Tuhan memberikan kepada mereka minuman yang bersih.

Juga diketahui bahwa hijau adalah warna  alami tumbuhan. Warna hijau klorofil tanaman menunjukkan bagaimana sebuah tanaman memproduksi makanan bagi pertumbuhannya. Karena hubungannya dengan alam, hijau dianggap sebagai warna menenangkan dan santai. Warna ini dapat membantu orang yang sering merasa tegang. Hijau akan menyeimbangkan emosi, menciptakan keterbukaan antara Anda dan orang lain. Warna ini juga terkait dengan cakra jantung sehingga dipercaya membantu masalah emosional, seperti cinta, kepercayaan, dan kasih sayang. Para peneliti juga menemukan warna hijau dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Para siswa yang membaca materi tulisan di atas lembaran hijau transparan akan meningkatkan kecepatan membaca dan pemahaman. Efek rileksasi dan menenangkan dari warna ini mungkin jadi penyebabnya. Hijau adalah warna yang tenang karena biasanya di kaitkan dengan lingkungan dan alam. Warna alami dari tanaman hijau memberi pengaruh positif bagi manusia. Di dalam desain, kita bisa menggunakan warna hijau untuk memberikan kesan segar. Manfaatkanlah warna-warna hijau alami dengan menanam pepohonan dan tanaman hias di lingkungan rumah atau taman anda.

6. ARTI WARNA ORANGE
Orange ialah kombinasi warna merah dan kuning. Menunjukkan kehangatan, antusiasme, persahabatan, pencapaian bisnis, karier, kesuksesan, kesehatan pikiran, keadilan, daya tahan, kegembiraan, gerak cepat, sesuatu yang tumbuh, ketertarikan, independens, minta perhatian. Disamping itu warna Orange memberi kesan yang kuat pada elemen yang dianggap penting.
Merupakan warna hangat dan meminta perhatian. Penaruh untuk kesehatan, warna Orange bermanfaat untuk ginjal, saluran kemih dan organ repoduksi. Dia juga meningkatkan metabolisme, memperkuat paru-paru, limpa dan pankreas. Oranye adalah hasil peleburan merah dan kuning, sehingga efek yang di hasilkan masih tetap sama, yaitu kuat dan hangat. Warna ini (selain merah dan biru) sering di gunakan pada tombol website yang penting, seperti buy now, register now dan lainnya yang sejenis, istilahnya adalah call to action button. Dari sisi psikologis warna ini adalah warna yang paling membuat perhatian. Karena sebab itulah warna ini paling banyak di pakai untuk berbagai pelengkapan survival atau safety seperti seragam, helm, syal, bendera yang dapat menarik perhatian orang.

7. ARTI WARNA MERAH MUDA
Merah muda adalah warna yang feminin, kalau menggunakan warna ini pasti kamu berurusan dengan sesuatu yang bersifat kewanitaan. Efek cinta romantis juga bisa timbul dari warna merah muda ini, agak sedikit berbeda dengan warna merah yang lebih menggambarkan berani. Tetapi banyak juga desain logo perusahaan yang berani menggunakan warna merah muda ini dengan terang-terangan. Misalnya dengan kombinasi hitam dan merah muda sebuah desain bisa menjadi terlihat unik.
Warna Merah Muda menunjukkan simbol kasih sayang dan cinta, persahabatan, feminin, kepercayaan, niat baik, pengobatan emosi, damai, perasaan yang halus, perasaan yang manis dan indah. Warna lembut semacam ini memberi pengaruh psikologi untuk relaksasi dan terapi penyembuhan. Kue tart ulang tahun yang lezat juga banyak yang berwarna pink alias merah muda.

8. ARTI WARNA VIOLET UNGU
Menunjukkan pengaruh, pandangan ketiga, kekuatan spiritual, pengetahuan yang tersembunyi, aspirasi yang tinggi, kebangsawanan, upacara, misteri, pencerahan, telepati, empati, arogan, intuisi, kepercayaan yang dalam, ambisi, magic atau keajaiban, harga diri. Warna ini sering digunakan untuk melambangkan kewibawaan dan kekuasaan. Warna ini membawa perasaan damai dan saling memahami. Warna ini juga membantu tidur Anda. Dari kelompok warna-warna lain, secara psikologi radian warna violet ini dipercaya akan menghambat perkembangan tumor. Nafsu makan tidak terkendali bisa dikendalikan oleh warna ini. bagi yang bermaksud diet, bisa mencoba menggunakan warna ini untuk desain ruang makan atau warna alat perlengkapan makan. Warna ini juga dikatikan dengan spiritualitas, intuisi, kebijaksanaan, penguasaan, kekuatan mental dan fokus. Ungu adalah warna yang memberikan kesan spiritual, kekayaan dan kebijaksanaan yang kebanyakan di dominasi warna ungu. Ungu juga warna yang unik karena sangat jarang kita lihat di alam. Dengan menggunakan warna ungu kita bisa memberikan kesan unik pada tema desain. Kita juga bisa  menggunakan warna ungu secara dominan atau hanya sebagai aksen saja.

9. ARTI WARNA KUNING
Warna Kuning merujuk pada matahari, ingatan, imajinasi logis, energi sosial, kerjasama, kebahagiaan, kegembiraan, kehangatan, loyalitas, tekanan mental, persepsi, pemahaman, kebijaksanaan, penghianatan, kecemburuan, penipuan, kelemahan, penakut, aksi, idealisme, optimisme, imajinasi, harapan, musim panas, filosofi, ketidak pastian, resah dan curiga. warna ini merangsang aktivitas mental dan menarik perhatian, Sangat efektif digunakan pada hal yang menekankan pada perasaan bahagia dan kekanakan.
Kuning adalah warna cerah yang dapat menarik banyak perhatian. Warna ini bisa dipakai sedikit untuk peringatan atau tanda untuk dilihat dan diperhatikan. seperti cahaya kedua lampu rem yang berada dikendaraan. Untuk dunia kesehatan, Warna kuning menstimulasi berbagai fungsi tubuh, seperti aliran empedu dan cara kerja hati. Ia memiliki sifat pencahar dengan cara mempromosikan sekresi asam lambung dan membantu pembuangan usus. Kuning juga berhubungan dengan intelektual dan proses mental. Warna cerah ini juga merangsang otak serta membuat Anda lebih waspada dan tegas. Kuning adalah warna yang ceria, menyenangkan dan penuh energi. Tidak heran warna kuning identik dengan mainan anak-anak. Kuning juga biasanya di gunakan untuk mendapatkan perhatian dari orang yang melihat. Karena begitu kuatnya warna kuning ini, seringkali di gunakan untuk mendapatkan perhatian orang. Ingat rambu lalu lintas yang memberikan tanda bahaya? Semua di dominasi warna kuning atau merah karena sifatnya menarik perhatian.
Disamping itu pemberian warna kuning sebagai aksen akan memberi kesan yang kuat pada elemen. Gunakan warna ini pada bidang yang anda maksudkan sebagai hal yang sangat penting.

10. ARTI WARNA COKLAT
Menunjukkan Persahabatan, kejadian yang khusus, bumi, pemikiran yang materialis, reliabilitas, kedamaian, produktivitas, praktis, kerja keras. Warna coklat sangat tidak menarik apabila digunakan tanpa tambahan gambar dan ornamen tertentu, coklat harus didukung ornament lain agar menarik.
Coklat adalah warna bumi, memberikan kesan hangat, nyaman dan aman. Namun selain itu, coklat juga memberikan kesan sophisticated karena dekat dengan warna emas. Bisa di bayangkan kesan mahal dan ekslusif pada desain dengan kombinasi warna hitam dan coklat muda. Dan tidak lupa, coklat juga bisa memberikan nuansa dapat di andalkan dan kuat.

11. ARTI WARNA ABU-ABU
Mencerminkan keamanan, kepandaian, tenang dan serius, kesederhanaan, kedewasaaan, konservatif, praktis, kesedihan, bosan, profesional, kualitas, diam, tenang. Warna yang ringan dan sering digunakan untuk sesuatu yang netral dan dingin. Kombinasikan dengan sedikit warna yang primer yang soft atau warna cerah agar suasana dapt lebih hidup dan semangat.

12. ARTI WARNA EMAS
Warna Emas mencerminkan prestis (kedudukan), kesehatan, keamanan, kegembiraan, kebijakan, arti, tujuan, pencarian kedalam hati, kekuatan mistis, ilmu pengetahuan, perasaan kagum, konsentrasi. Perhiasan Emas akan menambah kecantikan bagi para wanita yang tentu saja selalu mendambakan penampilan yang menarik. Warna ini sering digunakan untuk menambah kewibawaan, keagungan dan kemewahan disain arsitektur bergaya klasik. Banyak konsep bangunan dan ruangan bernilai tinggi yang dihiasi dengan emas atau warna emas yang untuk mendukung estetika interior yang ada. Bahkan arloji rolex palsu, banyak yang menggunakan menggunakan warna emas alias KW. hehehe... :D
Nilai keagungan dari warna emas sendiri diperoleh dari emas itu sendiri. Sudah menjadi sunnatullah bahwa emas adalah sesuatu yang berharga dan bernilai tinggi. Pantas jika warna emas menjadi pilihan bagi orang yang menyukai keindahan.

S U R A T   A L - I M R O N
3:14. Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah  kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).

Dengan memahami efek psikologi dari berbagai macam warna bagi manusia, maka kita dapat menerapkannya dalam disain produk, rumah, kamar tidur, ruang tamu, ruang publik atau untuk kepentingan komunikasi visual dan marketing. Warna berfungsi untuk memberikan vibrasi tertentu di dalam suatu desain. Begitu hebatnya kekuatan warna, sehingga bisa memberikan efek psikologis dan kesan yang mendalam kepada semua orang yang melihatnya. Malah di dalam terapi kesehatan, warna tertentu di gunakan untuk membantu pasien menjadi lebih cepat sembuh.
Manusia bisa melakukan hal positif jika disuguhi warna yang positif oleh lingkungannya. Manusia cenderung berbuat kriminal jika selalu disuguhi warna yang memicu amarah. Manusia juga rentan untuk melakukan hal negatif seperti bunuh diri, jika psikologi warna yang mempengaruhi otaknya adalah warna yang suram dan membunuh gairah. Dalam sebuah penelitian, terdapat pengaruh besar psikologi warna suatu lingkungan kota terhadap penduduk yang tinggal di wiayah tersebut. Lingkungan kumuh dan miskin pada suatu sudut kota besar, biasanya warna dindingnya kusam, kotor tak terawat dengan grafiti dinding yang memberi efek psikologi buruk. Kejahatan berupa perampokan, pencurian, pemerkosaan dan pembunuhan kerap terjadi di suatu wilayah yang disain dan konsep warnanya tidak diperhatikan atau diurus. Menjadi tanggungjawab pengelola kota untuk menyajikan konsep warna yang baik dan tepat dalam penataan wilayah dengan cara mengecat dan memperindah kawasan kumuh dengan warna yang baik. 
btw... saya ingin tahu banget nih, apa sih warna favorit anda ? Kalau warna favorit saya adalah hitam. :D
Semoga artikel Arti dan pengaruh psikologi warna terhadap desain dan kesehatan manusia ini bermanfaat. Aamiin.

Related Posts:

0 Response to "Arti dan Pengaruh Psikologi Warna Terhadap Desain dan Kesehatan Manusia"

Posting Komentar

Semoga artikel ini bermanfaat.
Terima kasih atas kunjungannya. silakan berkomentar.
semua komentar iklan n spam akan dihapus.