WASPADA KEJAHATAN PENCURIAN UANG ATM NASABAH



Hati-hati saat anda  menggunakan mesin ATM. Kenali modus kejahatan para kriminal dalam memperdayai pengguna ATM. jangan sampai anda menjadi korban mereka.

 Setelah berhasil melakukan pencurian uang melalui kartu anjungan tunai mandiri (ATM) sebanyak 22 kali di 8 gerai ATM di Kota Palembang, Alfendi (45), aksi satu dari tiga spesialis pencuri antar provinsi, berhasil dihentikan Tim Reskrim Polsekta Ilir Timur I Palembang, Jumat (23/5) sekitar pukul 07.00 WIB.

Pelaku merupakan warga Perumahan Cikandek RT 5, RW 7, Kelurahan Cikandek, Kecamatan Cikandek, Kabupaten Tangerang, Banten. Pelaku diringkus saat beraksi yang ke-23 di gerai ATM Bank BNI di kompleks SPBU Km 5 Palembang.

Dari penangkapan tersangka, berhasil diamankan barang bukti berupa 37 kartu ATM, 2 buah kartu pers, tiga unit handphone, 3 kotak tusuk gigi dan uang tunai sebesar Rp 2,3 juta.

Di hadapan petugas, tersangka mengaku setiap beraksi, mereka selalu bertiga bersama temannya, yakni Aji dan Thomas (DPO). Ia bertugas mengganjal tempat keluar masuk kartu ATM menggunakan tusuk gigi. Alhasil, kartu ATM milik korban tersangkut dan para pelaku mengambil kesempatan itu dengan cara berpura-pura membantu korban.

"Kami bagi tugas, saya siapkan tusuk gigi, Aji dan Thomas seolah-olah mengantre. Biasanya, teman saya itu memakai peci dan baju muslim agar tidak dicurigai," ungkap Alfendi saat ditemui di Mapolsek Ilir Timur I Palembang, Sabtu (24/5).

Dijelaskannya, saat dimintai bantuan, kedua temannya itu sudah menyiapkan kartu ATM palsu. Keduanya pun biasanya memberikan saran kepada korban yang kartunya tersangkut agar memencet tombol Cancel, Clear dan kode pin. Dengan begitu, dijamin kartu langsung keluar.

"Begitu kode pin tahu, kami mengelabui korban dengan menukar ATM miliknya dengan ATM palsu," kata bapak dua orang anak ini.

"Selama ini kami sudah kuras 22 kali kartu ATM. Total uang yang didapat sebanyak Rp 50 juta. Kami juga pernah beraksi di Surabaya dan Bandung tapi tidak lama," sambungnya.

Kapolsek Ilir Timur I Palembang Kompol Afriya Jaya mengatakan, pihaknya masih memburu pelaku lain yang tergabung dalam komplotan ini, termasuk komplotan lain yang kerap membobol kartu ATM.

"Kami juga sarankan agar warga tidak mudah terkecoh dengan orang-orang di sekitar ATM saat kartunya tersangkut di mesin. Lebih baik hubungi petugas atau keluarga terdekat," tukasnya.

merdeka.com

Related Posts:

0 Response to "WASPADA KEJAHATAN PENCURIAN UANG ATM NASABAH "

Posting Komentar

Semoga artikel ini bermanfaat.
Terima kasih atas kunjungannya. silakan berkomentar.
semua komentar iklan n spam akan dihapus.